Dengan dicabutnya Program Kelas Akselerasi (Percepatan) oleh pemerintah, maka Program Sistem Kredit Semester (SKS) menjadi Unggulan bagi sekolah dan bagi peserta didik. Dengan Sistem SKS peserta didik yang berkecepatan tinggi dalam belajarnya dapat menyelesaikan Kompetensi Dasar dalam setiap semester lebih cepat dari yang disediakan setelah melalui berbagai jenis penilaian maka peserta didik dapat dinyatakan selesai/ lulus SMA dengan ditempuh selama 2 tahun saja.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar PESERTA DIDIK secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara (Pasal 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).
Dalam berbagai peraturan perundangan (UU Sisdiknas Pasal 12 ayat 1 poin b, PP No.19 Tahun 2005 Pasal 12 ayat 1 dan 2, dan Permendikbud Nomor 158 Tahun 2014) dimandatkan bahwa Peserta didik sebagai individu yang unik. Karena keunikan itulah, sistem pendidikan di Indonesia selalu berproses untuk menjadi lebih baik. Salah satunya dengan SKS (Sistem Kredit Semester) yang telah dilaksanankan di beberapa SMA khususnya di Provinsi Lampung.
Tujuan penyelenggaraan SKS adalah memberi layanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan/atau kecepatan belajar peserta didik.
Terkait hal tersebut, SMAN 1 Sukoharjo menggelar Sosialisasi Sekolah Pelaksana SKS 2021 pada Selasa, 26 januari 2021 di ruang guru,
Kegiatan yang diawali dengan sambutan Kepala SMAN 1 Sukoharjo, Jahara Siregar, M.Pd., tersebut diikuti dengan antusias oleh seluruh dewan guru SMAN 1 Sukoharjo. Dalam sambutannya, beliau menuturkan harapan agar SMAN 1 Sukoharjo menjadi salah satu sekolah yang dapat segera melaksanakan sistem tersebut, agar sistem pelayanan pendidikan menjadi lebih baik.
Sosialisasi diisi dengan pemaparan maksud dan tujuan SKS dalam proses pembelajaran, dilengkapi dengan sesi tanya jawab guru dan fasilitator